Tren Makanan Hot Plate

Tren Makanan Hot Plate

Bisnis makanan adalah bisnis yang terus berkembang. Salah satu kunci dari bisnis kuliner adalah inovasi. Baik inovasi dalam hal menu, tempat, pelayanan maupun pengalaman yang akan diberikan kepada pengunjung. Salah satunya tren makanan hot plate.

Tanpa inovasi, sebuah bisnis akan mengalami kejumudan dan pada akhirnya perlahan akan redup. Inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh pelaku kuliner Tanah Air memang menakjubkan. Kreativitas anak bangsa dalam menyajikan hal-hal baru dalam bisnis kuliner memang patut diacungi jempol.

Tren yang terus berkembang dalam bisnis kuliner di Indonesia adalah makanan hot plate. Inovasi makanan hot plate bukan sekadar menambah daftar makanan tetapi juga memiliki nilai new experience bagi konsumen.

Sepuluh tahun silam, makanan hot plate hanya terbatas pada sajian aneka steak saja. Sajian daging yang menggoda lebih nyaman disajikan dalam piring hot plate sehingga menjaga makanan tetap panas.

Kemudian beberapa tahun kemudian berkembang pemakaian untuk aneka makanan hot plate. Mulai dari seafood kemudian merambah ke produk-produk makanan hot plate yang sebelumnya tidak disajikan ke piring hot plate seperti nasi goreng, sate, mie ayam dan lainnya.

Berikut beberapa sajian makanan yang kini menggunakan piring hot plate

Sate Hot Plate

Tren Makanan Hot Plate
foto: www.pikiran-rakyat.com

Sama seperti steak yang menyajikan daging, penyajian sate juga menggunakan hot plate agar daging tetap panas saat disajikan. Meski menggunakan hot plate tetapi tusuk sate tidak dipotong. Biasanya model yang digunakan untuk sate hot plate adalah hot plate ayam, model oval polos atau model oval garis.

Sajian sate dengan hot plate dijamin akan menambah selera makan konsumen karena disajikan dengan pengalaman baru dan bunyi panas yang meletup-letup. Apalagi dipadu padankan dengan sajian lain seperti gulai atau tongseng. Wah sudah terasa dan terbayang nikmatnya.

Mie Ayam Hot Plate

Tren Makanan Hot Plate
foto: @johanakoagow

Mie ayam bagi kebanyakan masyarakat Indonesia adalah makanan sehari-hari. Mie ayam bisa dinikmati kapan saja dan mudah ditemui di mana saja. Inovasi mie ayam kebanyak masih sebatas penambahan beberapa toping seperti dengan bakso, pangsit atau ceker.

Nah kini mie ayam pun merambah ke penyajian baru dengan menggunakan hot plate. Mie ayam hotplate menawarkan pengalaman baru menikmati mie ayam. Kuah kental dengan kaldu ayam yang masih hangat disajikan ke dalam hot plate panas, Csssss langsung sensasi panas kembali menguar dengan aroma mie ayam yang khas.

Mie ayam adalah jajanan rakyat dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga menikmati hot plate mie ayam pun juga tak perlu merogoh kocek dalam-dalam bagi konsumen. Ini peluang besar bagi pengusaha kuliner untuk menampilkan menu yang sebetulnya tidak baru tetapi menawarkan pengalaman baru dalam menyantap mie ayam.

Mie ayam dalam bentuk makanan hot plate biasanya disajikan dengan model oval garis, oval polos, oval telinga, model bulat sedang atau bisa juga menggunakan model ayam.

Nasi Goreng Hot Plate

Tren Makanan Hot Plate
foto: brilio.net

Nasi goreng adalah salah satu menu yang mudah dibuat di restoran. Banyak konsumen menyukai nasi goreng karena praktis dalam pengolahan dan enak. Nasi goreng juga bisa dinikmati untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Hampir banyak restoran dan cafe menyajikan menu nasi goreng karena banyak dicari oleh customer. Nah untuk menghadirkan pengalaman baru menyantap nasi goreng, kini makanan ini disajikan sebagai makanan hot plate.
Platting dengan sajian cantik dan ditaruh di atas hot plate membuat sensai menikmati nasi goreng menjadi berbeda.

Apalagi jika ditambah dengan menu lain seperti ayam atau daging dengan sedikit sauce akan menambah sensasi menyantap nasi goreng di atas hot plate.

Kangkung Hot Plate

Tren makanan hot plate
foto: anekaresepsayuran.blogspot.com

Menu kangkung adalah menu khas Indonesia. Hampir setiap restoran-restoran tradisional menyajikan menu kangkung sebagai menu sayur dalam list makanannya.

Bahan yang mudah didapatkan membuat kangkung menjadi sayuran favorit para pengunjung restoran. Disajikan dengan berbagai variasi menu kangkung seperti ca kangkung, sayur kangkung, kangkung saus tiram dan variasi lainnya membuat kangkung bisa disajikan di banyak menu restoran.

Makanan sederhana ini kini naik kelas dengan penyajian dalam bentuk makanan hot plate. Kangkung hot plate memiliki sensasi yang luar biasa. Kepulan asapnya saat disajikan membuat rasa lapar semakin terasa. Sajian hot plate kangkung terbukti bisa menambah nilai dari sajian sederhana menjadi sajian baru yang bernilai rasa
Kangkung hot plate bisa disajikan dengan hot plate model oval garis, oval polos, oval telinga, bulat sedang atau bulat datar sesuai porsi.

Jadi, bagi pelaku kuliner tunggu apalagi untuk bisa menampilkan inovasi layanan baru dalam penyajian di usaha tempat makannya. Tidak perlu ragu lagi.

Sebab dengan menggunakan sajian hot plate, banyak keuntungan usaha yang bisa didapatkan. Secara perhitungan ada beberapa keuntungan dari menjalankan bisnis makanan hot plate

Modal Kecil

Bisnis makanan hot plate hanya memerlukan tempat yang sederhana dan bahan makanan yang seperti sebelumnya. Hanya mengubah sajian piring menjadi hot plate saja.

Kisaran harga hot plate pun terbilang murah sekitar Rp 55.000,- yang bisa dipakai berulang. Tetapi dengan harga tak jauh beda dengan piring biasa, konsumen mendapatkan pengalaman baru menikmati sajian makanan. Bisa dipastikan di lain kesempatan konsumen akan balik lagi untuk menikmati sajian makanan hot plate.

Dinikmati Kapan Saja

Menu yang disajikan dalam hot plate bisa dinikmati kapan saja. Cocok untuk makanan pagi, makan siang maupun makan malam. Sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis restoran berdasarkan jam buka dan menu makanannya.

Fleksibilitas waktu ini juga bisa memberikan pengusaha kuliner peluang untuk menambah jam operasional dengan menu tambahan sehingga mendatangkan pelanggan jauh lebih banyak.

Masuk Semua Segmen

Menu hot plate ini bisa dinikmati semua segmen, semua umur baik pria maupun wanita. Anak-anak bisa menikmati sajian steak hot plate yang enak, begitupun orang dewasa bisa menikmati sajian menu hot plate.

Luasnya segmen ini tentu menjadi peluang besar bagi pengusaha kuliner untuk tak ragu menawarkan menu baru hot plate di restorannya.

Cocok Menu Luar maupun Dalam Negeri

Hot Plate sangat cocok untuk digunakan sebagai piring sajian bagi masakan dalam negeri seperti mie, sate, nasi goreng, kangkung dan lainnya.

Tetapi cocok juga untuk model masakan luar negeri seperti steak, masakan jepang, korea dan lainnya. Sehingga sangat cocok bagi restoran Anda yang memadukan menu dalam dan luar negeri maupun yang fokus hanya makanan tradisional atau makanan luar negeri saja.

Instagramable

Zaman sekarang, sebelum makan ada ritual baru yakni memfoto makanan yang unik dan menarik untuk diupload di media sosial pelanggan. Sajian dengan hot plate jelas salah satu yang sering difoto dan diunggah para pelanggan di media sosial.

Keuntungan bagi restoran adalah adanya review dari pelanggan tentang pengalaman mencicipi makanan hot plate di restoran. Sehingga hal ini bisa menjadi alat marketing efektif karena langsung dilakukan oleh konsumen itu sendiri.
Variasi model hot plate yang kini beragam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk mengabadikan momen mereka di restoran anda.

Jadi tunggu apa lagi, yuk mulai sajikan makanan hot plate sebagai menu andalan restoran Anda.


WA Tanya Produk Hot Plate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *